Sunday, February 20, 2011

Pola Misterius di Radar BMG Australia, UFO?

Pola-pola misterius tertangkap radar badan Meteorologi Australia. Tak ada penjelasan, mengapa pola aneh itu terbentuk. Gambaran yang tertangkap di radar berbeda-beda, ada yang berbentuk bintang merah, lingkaran api, bahkan mirip donat putih -- berlapis gula bubuk atau ada juga yang menyebutnya sebagai 'donat es'.


Anomali yang tertangkap radar BMG kali pertamanya terjadi pada 15 Januari lalu, ketika 'donat es' tampak di atas wilayah Kalgoorlie di Australia Bagian Barat.

Citra satelit menunjukan tidak ada gumpalan awan di area tersebut, saat pola-pola aneh terlihat. Seorang petani setempat mengatakan di hari penampakan itu, cuaca sangat panas.

Bentuk aneh 'donat es' bukan satu-satunya, muncul lagi pola berbentuk bintang merah berpijar di atas Broome pada tanggal 22 Januari.



Pola misterius di radar BMG Australia

Ada juga bentuk inti merah berspiral mengerikan yang nampak di atas Melbourne -- para pembaca radar amatir mengatakan bentuk itu seberti cincin api.

Namun, hingga saat ini tidak ada penjelasan dari BMG meski lembaga tersebut mengakui ada anomali yang tertangkap radar mereka.

Dalam situsnya tertulis, ada gangguan pada radar dan sedang mengatasi gangguan tersebut.

Namun, penjelasan itu dirasa tak cukup. Para penganut teori konspirasi membuat teori sendiri.
Ada yang mengatakan itu pola itu disebabkan aktifitas UFO atau pesawat mahluk luar angkasa. Ada juga yang menyatakan pola itu adalah akibat dari uji modifikasi cuaca yang dilakukan militer.

Salah satu teori konspirasi mengatakan, pola aneh itu sebagai akibat uji coba  HAARP (High Frequency Active Auroral Reasearch Program) yang dilakukan militer Amerika Serikat.

Penelitian HAARP berbasis di Alaska, Amerika Serikat. Namun, orang yang percaya teori konspirasi menduga militer AS melakukan ekspansi HAARP ke wilayah dekat Exmouth di Australia Barat.

Teori lain mengatakan, pola aneh ini adalah pertanda bencana, misalnya badai -- seperti Badai Olga dan Paul yang mengantam Victoria dalam beberapa pekan terakhir.

Ada juga yang berpendapat misteri tersebut melibatkan sebuah benda di atmosfer yang memancarkan radiasi kuat.

Pola misterius tampak di radar

Menurut ilmuwan listrik dan pakar yang aktif mengamati pola lingkaran yang diduga UFO, Colin Andrews mengatakan masyarakat Australia berhak mendapatkan penjelasan atas anomali yang terjadi.
"Hingga ada penjelasan formal dari Badan Meteorologi, spekulasi tentang apa yang sebenarnya terjadi akan terus berkembang," kata Andrews yang asal Inggris itu, seperti dimuat News.com.au, Kamis 1 April 2010.

Ditambahkan dia, masyarakat yang masih penasaran berhak menuntut penjelasan dari BMG atau pejabat pemerintahan.





Sumber : Vivanews

0 comments:

Komentar Anda