Friday, April 1, 2011

10 Hal Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Mengenai Che Guevara

Che Guevara. Dia dicintai dan dia dibenci. Dia adalah salah satu keberhasilan komersial terbesar dan salah satu pembunuh paling brutal dalam sejarah. Hal ini tidak mengherankan bahwa seseorang bisa begitu penuh semangat dicintai dan dibenci yang akrab bagi kebanyakan orang. Daftar ini membuka beberapa aspek yang kurang dikenal dalam hidupnya. Jika Anda memiliki fakta-fakta lain yang kurang dikenal  tentang Che Guevara, pastikan untuk memberitahu kami di komentar.


1. Nama Yang Tidak Begitu Glamor


Nama "Che Guevara" merujuk baik pada cinta atau benci. Nama ini identik dengan kebebasan berjuang bagi sebagian orang , dan penjagal bagi yang lainnya. Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa nama asli Che tidak begitu romantis, ia dilahirkan dengan nama Ernesto Lynch. Benar - Che Guevara sebenarnya  Mr. Lynch. Nama itu seperti tidak memiliki hubungan dengan Che bukan? Namanya berasal dari kenyataan bahwa keluarganya  setengah Irlandia. Foto Ernesto Lynch pada gambar di atas diambil pada usianya yang ke-22.

2. Che Yang Bau

Che Guevara Prisionero.Jpg

Che Guevara ketika remaja dijuluki "Chancho" (babi) karena kebiasaan mandi nya (atau ketidaksukaannya mandi) dan fakta bahwa ia bangga mengenakan "kemeja mingguan" - yaitu, kemeja yang ia ganti seminggu sekali. Sepanjang hidupnya orang-orang selalu mengomentari akan baunya, (walaupun tidak secara langsung, terutama saat dia memiliki kekuasaan untuk mengeksekusi orang-orang :))

3. Ernesto si Aneh

 Emoche
Berlawanan dengan gambaran yang kita semua miliki mengenai Guevara, di masa mudanya dia  adalah seorang pemuda yang cukup aneh. Dia senang bermain catur dan bahkan masuk turnamen lokal. Selain bergaul dengan teman-teman catur nya, Ernesto juga senang membaca puisi yang ia cintai dengan penuh gairah. Mata pelajaran favoritnya di sekolah adalah matematika dan teknik. Saya pikir kita  dapat mengatakan bahwa jika ia remaja hari ini, ia akan menjadi seorang EMO.Gambar di atas adalah ilustrasi artis EMO Ernesto Lynch (AKA Che Guevara)  :).
 

4. Orang Kuba atau Bukan?

Chefamily.Jpg
Guevara dikenang atas perbuatannya di Kuba, namun dia sebenarnya lahir di Argentina dengan orang tua yang kaya dan dia tidak pernah menjadi warga negara Kuba. Ketika ia lahir, ayahnya mengatakan "hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa dalam  darah anak saya mengalir darah para pemberontak Irlandia." 
5. Seorang Dokter ?

Che-Guevara-2.Jpg
 
Sepertinya ada beberapa sengketa tentang fakta ini di internet, tapi pada bulan Juni 1953, Guevara menyelesaikan studi medis dan lulus sebagai Dokter Ernesto Guevara. Saat belajar ia sangat tertarik pada penyakit kusta. 
6. Perjalanan ke Amerika


Pada tahun 1964, Guevara melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk memberikan pidato ke PBB di New York. Anda dapat menonton sebagian pidatonya dalam klip video di atas. Sementara di sana ia mengutuk AS untuk kebijakan segregasi rasial mereka: "Mereka yang membunuh anak-anak mereka sendiri dan diskriminasi terhadap mereka sehari-hari karena warna kulit mereka, orang-orang yang membiarkanpembunuh orang kulit hitam tetap bebas, melindungi mereka, dan selanjutnya menghukum penduduk kulit hitam karena mereka menuntut hak hukum mereka sebagai orang bebas - bagaimana bisa mereka yang melakukan ini menganggap dirinya penjaga kebebasan "?

7. Lima Anak-anak

340X.Jpg-1

Kita cenderung untuk tidak melihat Guevara sebagai seorang kepala keluarga, tapi sebenarnya dia punya satu anak dengan istri pertamanya, Hilda Gadea, seorang putri yang lahir di Mexico City pada tanggal 15 Februari 1956, dan ia memiliki empat anak dengan istri keduanya,  Aleida March. Foto di atas adalah Camilo - anak Che.

8. Tanpa Tangan
Mn Guevara.Jpg
 
Setelah eksekusi yang terburu -buru, seorang dokter militer mengamputasi tangan Che. Perwira tentara Bolivia kemudian membawa tubuh Guevara ke lokasi yang dirahasiakan dan menolak untuk mengungkapkan apakah jenazahnya telah dikuburkan atau dikremasi. Tangan yang diawetkan dengan formalin  dikirim ke Buenos Aires untuk identifikasi sidik jari. (sidik jarinya terdapat pada file yang dimiliki polisi Argentina.) Tangan tersebut kemudian dikirim ke Kuba.

9. Ikon yang Ironis

Che-Guevara1232976553.Jpg

Gambar monochrome dengan kontras tinggi dari grafis wajahnya telah menjadi salah satu gambar yang paling universal , ditemukan pada berbagai item di seluruh dunia, termasuk t-shirt, topi, poster, tato, dan bahkan bikini, ironisnya gambarnya ini berkontribusi kepada konsumen budaya yang ia benci. Gambar asli itu diambil pada sebuah upacara peringatan oleh
seorang fotografer surat kabar, Alberto Korda. Pada waktu itu, hanya Korda memandang foto itu penting, dan menggantung gambar tersebut di dinding kamarnya sampai seorang wartawan Italia melihatnya, dan bertanya apakah ia bisa memilikinya, dan Korda memberikannya.

10. Santo Ernesto

610X.Jpg

Guevara tetap menjadi pahlawan nasional dan dicintai banyak orang di Kuba, di mana gambarnya menghiasi  uang Peso Kuba senilai US $ 3 dan anak sekolah memulai setiap pagi dengan mengucapkan "Kami akan seperti Che." Di tanah asalnya dari Argentina, di mana sekolah tinggi menggunakan namanya, banyak Museum Che didirikan di negara tersebut, dan pada tahun 2008 sebuah patung perunggu 12 kaki  diresmikan di kota kelahirannya di Rosario. Selain itu, Guevara telah dikuduskan oleh beberapa buruh tani Bolivia sebagai "Santo Ernesto", kepada siapa mereka berdoa untuk bantuan. Tak perlu dikatakan, Gereja Katolik tidak menganggap Guevara menjadi suci dan sangat menentang pujian untuk dia.


0 comments:

Komentar Anda