Friday, April 1, 2011

10 Mitos Yang Umum Mengenai Ganja!

Ganja mungkin obat paling populer di dunia yang ilegal di sebagian besar negara. Hal ini telah menjadi begitu meluas sehingga banyak orang tidak akan berpikir dua kali ketika diminta untuk menyalakannya di rumah seorang teman atau untuk menghisapnya di tempat umum.
 
 
Ini adalah obat kuno yang telah digunakan sepanjang sejarah untuk keperluan medis, magis, dan kesenangan. Berkat-taktik propaganda untuk menakut-nakuti  di tahun 1960-an dan 1970-an, ada banyak mitos seputar obat ini- daftar ini bermaksud untuk meluruskan hal-hal tersebut sekali dan untuk semua!

1. Penyimpanan Lemak

Cc Upinsmoke Ms 5

Mitos: Bahan aktif cannabis, THC akan disimpan dalam lemak tubuh dan pengaruhnya bisa bertahan hari atau bahkan berminggu-minggu

Fakta: Memang benar bahwa ganja (seperti obat-obatan lainnya) memasuki penyimpanan lemak tubuh, dan untuk alasan ini bahwa bahan aktifnya dapat dideteksi lama setelah digunakan, tapi itu adalah satu-satunya bagian dari mitos ini yang benar. Faktanya adalah, aspek psikoaktif dari ganja  digunakan dengan cepat dan sementara residu obat tersisa, ia tidak lagi memiliki efek pada orang tersebut. Selain itu, kehadiran THC dalam lemak tubuh tidak berbahaya bagi lemak, otak, atau bagian lain dari tubuh.


2. Kehilangan Memori

Cannabis-Pipe-Made-From-Carrots-And-Pineapple-Called-A-Bong-Being-Smoked-Anon

Mitos: Penggunaan ganja menyebabkan hilangnya memori serta berkurangnya logika dan kecerdasan

Fakta: Ini adalah mitos yang memiliki unsur-unsur kebenaran didalamnya - tidak heran kenapa alasan  ini diyakini oleh banyak orang. Uji laboratorium telah menunjukkan bahwa ganja mengurangi memori jangka pendek - tapi hanya jika seseorang mabuk dengan ganja. Seseorang yang telah memakai ganja akan mampu mengingat hal-hal yang dipelajari sebelum mereka menggunakannya tetapi mungkin mengalami kesulitan belajar informasi baru selama intoksikasi. Tidak ada bukti ilmiah apapun yang menunjukkan bahwa ini bisa menjadi masalah jangka panjang atau permanen bila mabuk.

3. Bukti Ilmiah

Cm518~Can-T-We-Just-Get-A-Bong-Posters

Mitos: Ganja secara ilmiah telah terbukti dapat merusak

Fakta: Mari kita mulai dengan kutipan: "merokok ganja, bahkan untuk jangka panjang, tidak berbahaya bagi kesehatan." Kutipan ini berasal dari jurnal peer-review medis Inggris The Lancet (didirikan pada tahun 1823). Tidak ada konsensus ilmiah pada penggunaan ganja, dan tentu saja tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan penggunaan ganja secara umum berbahaya bagi kesehatan.

4. Kehilangan Motivasi

Bank-Of-Ganja-Weed-Poster

Mitos: Menggunakan Cannabis menyebabkan apatis dan kurangnya motivasi

Fakta: Pada kenyataannya, studi dilakukan pada subjek tes di mana mereka diberi dosis tinggi ganja secara teratur selama jangka waktu hari atau minggu menemukan bahwa tidak ada kehilangan dalam motivasi atau kemampuan untuk melakukan sesuatu. Tentu saja, penyalahgunaan dari zat memabukkan selama jangka waktu yang lama akan mengurangi kemampuan seseorang untuk berfungsi secara normal, tapi ganja tidak lebih baik atau lebih buruk. Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa pengguna ganja cenderung memiliki pekerjaan dengan gaji lebih tinggi daripada non-pengguna.

5. Ganja menyebabkan Kejahatan 

Squirrelpotds6

Mitos: Cannabis menyebabkan kejahatan

Fakta: Beberapa orang percaya bahwa menggunakan ganja mengarah pada kekerasan dan agresifitas, dan bahwa hal ini, pada gilirannya, menyebabkan kejahatan. Tapi fakta tidak muncul begitu saja. Penelitian serius tentang hal ini telah menemukan bahwa pengguna ganja kurang memungkinkan untuk melakukan kejahatan karena efeknya dalam mengurangi agresifitas. Mitos ini lebih dikarenakan banyaknya negara yang melarang penggunaan ganja, dan kasus yang ada adalah orang dianggap kriminal hanya karena mereka memiliki ganja!

6. Otak menjadi  Mati

Picture 1-67

Mitos: Cannabis membunuh sel-sel otak

Fakta: Ganja tidak menyebabkan perubahan mendasar dalam kemampuan mental seseorang. Memang benar bahwa setelah minum obat beberapa orang dapat mengalami panik, paranoia, dan ketakutan, efek ini akan hilang dan tentu saja tidak menjadi permanen. Adalah mungkin bagi seseorang untuk mengkonsumsi begitu banyak obat sehingga mereka menderita keracunan psikosis, tapi sekali lagi ini bukan unik untuk ganja dan sangat jarang terjadi.

7. Gerbang menuju Obat Lain

Picture 2-45

Mitos: Cannabis adalah gerbang obat - dengan kata lain, hal itu mengarahkan pada penyalahgunaan obat-obatan yang lebih berbahaya

Fakta: Bagi kebanyakan orang, ganja merupakan obat terminal, bukan gerbang narkoba. Pengguna obat keras seperti heroin atau LSD secara statistik  mungkin telah menggunakan ganja di masa lalu, tapi ini hanya bermain-main dengan statistik; ketika membandingkan jumlah pengguna ganja dengan pengguna narkoba keras, jumlahnya sangat kecil - menyarankan bahwa tidak ada hubungannya sama sekali.

8. Ganja sekarang lebih kuat daripada dulu

62406480C011E4C2D8

Mitos: Cannabis lebih kuat sekarang daripada di masa lalu

Fakta: Alasan mitos ini telah terjadi adalah bahwa sampel yang diambil oleh aparat penegak hukum yang digunakan untuk menguji potensi  mereka adalah contoh kecil dari ganja di pasaran. Sebagian besar ganja yang diambil hari ini memiliki potensi yang sama seperti selama beberapa dekade. Pada kenyataannya, bahkan jika potensi itu sangat tinggi, itu akan membuat sedikit perbedaan kepada pengguna ganja dan variasi dari berbagai potensi menghasilkan efek yang sangat mirip. Selain itu, ada data statistik pada potensi ganja dari tahun 1980-an yang lebih andal daripada metode deteksi sekarang, yang menunjukkan kenaikan sedikit atau  hampir tidak ada.

9. Kerusakan paru-paru

Marijuana

Mitos: Cannabis lebih merusak paru-paru daripada rokok

Fakta: Pertama-tama, orang yang merokok ganja tapi bukan rokok cenderung  merokok jauh lebih jarang - sehingga membatasi eksposur mereka terhadap bahaya dalam asap. Selain itu, perokok ganja tidak menghirup banyak aditif seperti yang terkandung dalam rokok komersial untuk membuat mereka lebih cepat terbakar atau tetap menyala. Bahkan telah beberapa bukti bahwa asap ganja tidak memiliki efek yang sama pada saluran bronkial seperti asap rokok, sehingga bahkan penggunaan berat tidak akan menyebabkan emfisema/ radang paru-paru.

10. Cannabis dan Ketergantungan

Picture 3-18


Mitos: Cannabis sangat adiktif

Fakta: Kurang dari satu persen orang Amerika menghisap ganja lebih dari satu kali per hari. Dari pengguna berat, sebuah minoritas kecil mengembangkan apa yang tampaknya menjadi ketergantungan dan bergantung pada bantuan pelayanan rehabilitasi narkoba untuk berhenti merokok, tetapi tidak ada sesuatu dalam ganja yang menyebabkan ketergantungan fisik dan penjelasan yang paling mungkin bagi mereka yang membutuhkan bantuan adalah bahwa mereka mengalami kesulitan merubah kebiasaan - bukan "kecanduan".

Daftar ini terinspirasi oleh karya yang sangat baik dari Drug Policy Alliance Network.





sumber ; listverse

0 comments:

Komentar Anda