Sunday, February 26, 2012

Henry Sucipto & Thomas Francois : Manusia Tahun 2037 (Bagian) II

http://www.book-review-circle.com/images/timemachine.jpg
Buku Time Machine

Bulan Agustus tahun lalu (2011), 2 orang di media Kaskus telah berhasil membuat sebuah kehebohan, yaitu Henry Sucipto dan thomas Francois. Ternyata yang lebih mencengangkan adalah, Thomas Francois yang mengaku seorang time traveller dari 2037 ternyata membeberkan beberapa rahasia dari masa depan

Jika pada artikel sebelumnya saya telah menceritakan mengenai Henry Sucipto, dimana dia adalah orang ya ng bisa dikatakan memulai semua keributan yang terjadi, kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai Thomas Francois yang tak kalah heboh dari Henry.

Awal kemunculan Thomas pada tanggal 7 Agustus 2011 ketika dia membuat sebuah artikel di Kaskus yang berisi bahwa dia telah menangkap Henry sucipto di kota Jakarta, dan dia (Thomas) karena harus mengisi penuh solid ray selama 1 minggu maka ia akan memberikan beberapa informasi dari tahun 2037. Perlu diketahui bahwa solid ray kemungkinan adalah semacam bahan bakar mesin waktu yang digunakannya.
Di artikel pertamanya, dia menuliskan tanggal 7 November 2016, tanggal dimana dia menuliskan artikelnya yang diterbitkan di Kaskus pada tanggal 7 Agustus 2011. ???

Tak bisa di translate?
Selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 2011, dia menulis artikel lagi yang berjudul 2037 ofprenirevl, Kgrovinden dfajkrem la 2037 djafrig……(Sedikit Rahasia 2037)mungkin terasa aneh bahasa yang dia gunakan, mungkin juga kita langsung berasumsi bahwa dia menggunakan bahsa asing suatu negara di Judulnya. Ternyata tak cuma di judul, bahkan seisi artikel pun menggunakan bahasa asing tersebut.Dan saya akan membahas nya per paragraf, karena ternyata dia menulis dengan bahasa asing yang bahkan google translate sendiri tak bisa mentranslate nya.

“ Kgrovinden la 2037 khgtyunor hasvareb bmiknoproto bav in nanopixel, tat’ttes in firimi ehasdf el MEGAPIXEL>MICROPIXEL>NANOPIXEL, tghrionapqwe gdrtionbe pwerbavquino valbedref hag yuionmabika, el kfadipretiubav knaorvijdenwrethiotnamio da imgres a.k.a image kfretyohjirte, piofhankswqrueuyghreobvak, jsicienlagdre isgahtrchipo, jahvcan xilikiqozo, ghabnix zaljdhen.




puto im micropixel da siti )
Di paragraf pertama kira kira dia menulis tentang rahasia pertama di tahun 2037, dimana kamera dan foto menggunakan teknologi nanopixel. 
Perubahannya adalah dari MEGAPIXEL>MICROPIXEL>NANOPIXEL. Dan dimasa ini baik Micropixel maupun nanopixel nantinya akan digunakan dalam teknologi kamera, jadi jika sekarang kamera bersaing dalam kualitas Megapixel nya, nanti akan bersaing bukan lagi dalam Megapixel, tapi malah dalam micropixel dan nanopixel.
Dan dia pun memberikan beberapa contoh foto dan ada tulisan penjelasan di fotonya yang bisa saya translate, yaitu Puto im micropixel da siti yang berarti Foto perkotaan (2037) dalam Micropixel. ( Puto = Foto, im micropixel = dalam micropixel, da siti = The city = perkotaan).
Lalu paragraf selanjutnya berbunyi :
“ tghrionapqwe gdrtionbe gadfrty baosa jhfoa mrethopyu, qwrbajhga as filinksoa bancore hedkmiret,maf ghayfiopbancea dejistayuoj hakropgahin vczxaeikmewi,, dfaghainem, werqwibfadxazi gahkf no iau jenamda bxaiokiy faczaxno risxakli.

(protipe 0 raghainkel dre nanopixel) “

Di paragraf kedua ini saya kurang bisa mengartikan kalimatnya, tapi saya berhasil mendapatkan intinya dari kalimat yang ada di fotonya, yaitu Protipe 0 raghainkel dre nanopixelyang kemungkinan besar berarti Sekumpulan Protipe 0 dalam kualitas foto Nanopixel.
Apa itu Protipe 0?
Di situ dia menyebutkan kata Protipe 0, lalu apa sebenarnya Protipe 0 itu?
Pada thread yang pertama dia tulis, dia juga mengatakan tentang Protipe 0 sapiens lalu seorang kaskuser pun menanggapinya dengan sindiran bahwa Thomas salah tulis prototipe menjadi Protipe, tapi lalu dia menjelaskan perbedaan Protipe dengan Prototipe.
"Prototipe (Prototype) adalah sebuah Javascript Framework yang dibuat untuk lebih memudahkan proses dalam membangun aplikasi berbasis web. sedangkan protipe (protype), adalah singkatan dari (personality of the Type person) yang artinya, pengelompokan manusia dari jenis ras, masa hidup, dan kingdom dari species manusia itu sendiri."

Jadi bisa disimpulkan bahwa Protipe adalah pengelompokan manusia, dan kemungkinan Protipe 0 itu adalah manusia di tahun 2037.
lanjut ke paragraf selanjutnya :
“ Bagertyoui dfartuion bakrone,o eiyurhf hrtje jakliot dfaghanver dafgopwa ertasdreti monbcva vagnortofivac qweaszi xadsapo rityew hagklogof vin dasdoferti, magos lajifa gharwebno vajki gasdwerpo nkobos xacvabe da kolmise in airplane esta, breaszayu hagrtiop kfalrwe, hagfartiokne rwatnipo hajknaoi dastiqwrahguno mo loas, lohjaknmair 2037, gartoper wrebnaot si lawrethia….


SSPI α team, triubnawre gatio ) 
Dan sekali lagi, paragraf ini juga tidak bisa diartikan dengan jelas, namun sekali lagi juga saya mendapatkan intinya dari kalimat di fotonya, yaitu mengenai peralatan dari SSPI alpha team, jadi mungkin paragraf ini menceritakan mengenai SSPI alpha team.
Sebenarnya apa itu SSPI Alpha Team?
Pada artikel sebelumnya, dia juga menulis bahwa dia (Thomas) beserta anggota SSPI Alpha team lainnya telah menangkap Henry. Jadi kemungkinan SSPI Alpha team adalah sebuah tim elit di tahun 2037, mungkin seperti pasukan Time Patrol di Doraemon.
Lanjut lagi ke paragraf selanjutnya :
“ rityew hagklogof tionbe gadfrte jsicienlagdre isgahtrchipo, maerto tufgahjertawe faghiop nabcifas bvacrtuit kajaner namvaer paoakilionmav fagehrt nckamix mainfar tijeran, jigaken banrtiopqa wer bandftiop laknios da SSPI α Team, ta is mi gfhretnam wa thomas.francois priobacrewna turbaners camnfbe kapdfka, hajtyuop… 

 ( nanopixel fagroa gifrta ) “

Di paragraf ini juga kurang jelas untuk di translate, namun intinya mungkin mengenai perkembangan teknologi Nanopixel.

Dan paragraf selanjutnya :
“ Mabcarti fagretka mabnacoper hafbaein maweback feitry ksklakfga vabcaxail mandrtioploiut msanba, dafgiw qwienter sczavion, faghab nobvikdao akjojfinio, kefdoeg hajpoinmae talbainmax…
 ( hauirui osapermba peqtonre ) “

Kali ini, di paragraf ini saya benar-benar tidak bisa mentranslate maupun menarik pokok pikiran paragraf nya.
Lalu paragraf terakhir :
“ Hagrternamba cajosap iruaoad fhaiew qaijeai vaciopkxa rakmxzar kapdfka peqtonre…..
Hafgruapsanca kaodna oaurea sjdoala nabamajhdu kieroap rakmxzar kapdfka peqtonre….
Hajfoemtn japfas da future dkapsnxa kemr mapsa jfkala bnjfia kapdfka kapdfka peqtonre….
Xasganeiot djaoansme….. 10.08.2011, perdskij in EARTH…
Thomas.Francois, haiprena to dadsnki future…. 2037…
Kgrovinden kapdfka hajfoemtn lda future, priden kgahrita cajosap, mapsa sjdoala kemr mapsa kapdfka peqtonre….. “
Dan inilah Epilog dari artikel nya, meskipun sulit di translate namun sepertinya memang ini sebuah salam penutup tentang artikel yang ditulis pada tanggal 10.08.2011, di Bumi.. oleh Thomas.Francois, manusia dari masa depan…. 2037…..
Itulah artikel yang ia tulis mengenai rahasia dari tahun 2037, lalu apakah artikel ini sebuah Hoax?
Saya mungkin tidak bisa menyatakan kalau ini adalah Hoax, karena dia memberikan bukti sebuah foto yang ternyata foto itu memang berukuran kecil dalam micro maupun nanopixel!
Lalu kamera apa yang bisa menangkap gambar dengan kualitas micropixel dan Nanopixel? apakah foto ini adalah hasil rekayasa, yang sebenarnya hanya sebuah foto biasa lalu dikecilkan ukurannya dengan sotosop atau melalui hasil editan?
Saya rasa foto-foto tersebut adalah foto asli tanpa melalui proses sotosop maupun editan, karena jika memang itu adalah foto berukuran besar yang dikecilkan, seharusnya terjadi sebuah pixel crash. contohnya seperti ini :
( jangan tanya mengapa saya memilih gambar ini)
Ini adalah gambar dalam ukuran sebenarnya, yaitu dalam ukuran normal, lalu jika kita kecilkan menyerupai ukuran Micropixel maka akan menjadi begini :
Terlihat bedanya bukan?

Jika suatu gambar yang berukuran besar dikecilkan, akan mengalami pixel crash, dimana pixelnya itu akan saling tumpang tindih sehingga gambar nya akan menjadi tidak jelas dan terlihat bintik bintik di gambarnya. Begitu juga jika gambar kecil kita perbesar, akan terjadi juga hal yang serupa, dimana pixel nya justru melebar sehingga menyebabkan gambar menjadi blur atau kurang jelas.
Namun coba lihat sekali lagi foto yang diberikan oleh Thomas ini :


Meski berukuran kecil namun tidak ada pixel crash sama sekali dan gambar nya juga halus, seperti difoto dengan kamera nanopixel.
Lalu muncul sebuah pertanyaan lagi, apakah dia memfoto itu menggunakan kamera HP yang sudah jadul sehingga kualitas gambarnya kecil?

Sekali lagi saya membantah teori ini, karena saya memakai hape berkamera yang sudah lumayan jadul, dan kualitas gambar terkecilnya itu memiliki dimensi 128 x 128 pixel, dan ada juga yang berkisar lebih kecil dari itu dan minimal memiliki pixel paling sedikit berkisar 100 pixel, namun di foto yang ditunjukkan oleh Thomas memiliki dimensi sekita 40 – 70 pixel, ukuran yang sangat tidak mungkin jika difoto menggunakan kamera handphone lama.

Lalu apakah semua yang dikatakan Thomas itu benar, bukanlah sebuah Hoax? dibuktikan dengan gambar yang juga mendukung bahwa gambar itu diambil dengan teknologi tahun 2037 seperti yang dia ceritakan?
Bagaimana menurut anda?




5 comments:

  1. setiap kata yg dituliskan tdk ada yang sama. bgmn mgkn? hoax tuh.
    kalimat pendek saya diatas saja msh ada kata yang sama.
    nice try....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims commentnya, saya rasa hal-hal seperti perjalanan waktu, mesin waktu akan selalu menjadi perdebatan sebelum ilmu pengetahuan berhasil memecahkannya, dan akan selalu ada orang-orang yang mengaku sebagai time traveller dsb-nya. Mengenai artikel di atas hoax atau bukan saya rasa orang-orang yang mau sedikit meluangkan waktu untuk membaca keseluruhan artikel dan tetap menjaga pikiran kritis dan ketelitian seperti anda akan segera tahu jawabannya ;)

      Delete
  2. gan coba cek relevansi henry sucipto dengan prasasti di amerika yg didirikan tahun 1980 namanya georgia guide stones di www.georgiaguidstones.com anda mungkin akan surprise, ternyata isi dari prasasti itu banyak kecocokan seperti yg di kronologikan oleh henry sucipto,sekalipun kita tidak percaya dia dari tahun 2037, tetap saja terlihat seperti ini: georgia guide stones sebagai rancangan rencana dan cerita yg disampaikan oleh henry sucipto adalah kejadian teknisnya.... salam survive

    ReplyDelete
  3. ralat : www.georgiaguidestones.com

    ReplyDelete
  4. Lihat pada tulisan ini :
    “ Bagertyoui dfartuion bakrone,o eiyurhf hrtje jakliot dfaghanver dafgopwa ertasdreti monbcva vagnortofivac qweaszi xadsapo rityew hagklogof vin dasdoferti, magos lajifa gharwebno vajki gasdwerpo nkobos xacvabe da kolmise in airplane esta, breaszayu hagrtiop kfalrwe, hagfartiokne rwatnipo hajknaoi dastiqwrahguno mo loas, lohjaknmair 2037, gartoper wrebnaot si lawrethia….

    disitu tertulis "magos lajifa gharwebno vajki gasdwerpo nkobos xacvabe da kolmise in airplane esta, breaszayu hagrtiop kfalrwe, hagfartiokne rwatnipo hajknaoi dastiqwrahguno mo loas, lohjaknmair 2037"
    yang bisa diartikan "Keajaiban terjadi saat di temukan Pesawat Es,Kapal penjelajah ruang angkasa, semua itu adalah penemuan yang berguna, ditahun 2037"
    By Boma (mohon maaf klo salah) :)

    ReplyDelete